Sabtu, 16 Juni 2012

Cokelat

  Assalamulaikum  warahmatullahi wabarakatuh

   Halo semua,apa kabar nya?Buat para pecinta coklat TS bakal bawain artikel tentang coklat nih,langsung cekidot aja gan...
     Cokelat adalah hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman. Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta (haha bener gak). Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia, selain sebagai cokelat batangan yang paling umum dikonsumsi, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin. Selain itu coklat juga memiliki kandungan tertentu yang baik buat kesehatan.Di sini TS bakal menjabarkannya, Cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Menurut ilmuwan cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah [7] . Cokelat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan promosi karena menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, termasuk kandungan anti oksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu ada beberapa manfaat coklat ini dia:
  1. Cokelat meningkatkan kemampuan bidang matematika. Sebuah senyawa dalam coklat yang disebut flavonol merupakan antioksidan diperkirakan mampu meningkatkan sirkulasi, termasuk aliran darah ke otak. Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa peserta yang minum coklat dengan flavonol menghitung mundur tiga poin 800-900 lebih cepat daripada mereka yang tidak mengkonsumsi cokelat.
  2.  Cokelat memberi rasa kenyang
    Para peneliti dari Denmark telah menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi cokelat hitam sebelum makan dapat memperoleh kalori 15 persen lebih sedikit dan tidak tergoda untuk mengkonsumsi makanan berlemak dibandingkan dengan mereka yang tidak makan cokelat.
  3.  Coklat meningkatkan mood.                                                                                                  Cokelat mengandung phenethylamine, yang memicu pelepasan endorfin. Reaksi ini mirip dengan pengalaman jatuh cinta. Dokter di Inggris menunjukkan bahwa pasangan yang makan cokelat mendapatkan kenikmatan dua kali lebih hebat saat berciuman daripada mereka yang tidak makan cokelat. Alasannya adalah karena coklat mengandung gula dan kafein yang menghasilkan kalori yang tahan lama.
  4.  Coklat bikin kita enjoy                                                                                                                 Ada alasan biologis untuk terbiasa mengkonsumsi cokelat ketika stress. Penelitian menunjukkan bahwa cokelat mengandung senyawa anandamide, yang mengaktifkan reseptor otak yang sama seperti efek ganja. Tidak mengherankan, menggigit sebatang coklat dapat meningkatkan kebahagiaan
  5. Dan terakhir coklat bikin kita awet muda                                                                                    Sebuah studi di British Medical Journal menemukan bahwa konsumsi coklat dan permen dapat memperpanjang hidup selama hampir satu tahun dibandingkan dengan mereka yang menghindari permen.Hal ini mungkin karena antioksidan dalam cokelat. Sebuah studi di 2009 menemukan bahwa pasien yang mengalami serangan jantung yang makan cokelat memiliki risiko kematian lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi cokelat.                           
 nah itu tadi beberapa manfaat coklat. Tapi coklat  juga memiliki bahaya/racun,tapi bukan bagi kita bagi hewan tertentu.Nah TS jelasin nih ya,
         Adanya kandungan teobromin dalam cokelat bisa menjadi racun untuk sebagian hewan bila dikonsumsi. Hewan-hewan yang bereaksi keracunan pada kandungan teobromin diantaranya adalah kuda, anjing, burung kakak tua, tikus-tikus jenis kecil dan kucing (khususnya anak kucing), ini dikarenakan metabolisme tubuh mereka tidak dapat mencerna kandungan kimia ini secara efektif. Bila mereka diberi makan cokelat maka kandungan teobromin akan tetap berada dalam aliran darah mereka hingga 20 jam, akibatnya hewan-hewan ini mungkin mengalami epilepsi dan kejang-kejang, serangan jantung, pendarahan internal, dan pada akhirnya menyebabkan kematian. Penanggulangannya adalah dengan merangsang hewan-hewan ini agar memuntahkan cokelat dan secepat mungkin membawa mereka ke dokter hewan.maka dri itu jika pembaca sekalian memelihara hewan-hewan  tersebut maka jangan sekali-kali dikasih coklat . Selasai sudah arikel ini alhamdilillah,Semoga bermanfaat.


 refrensi: http://id.wikipedia.org
              www.medis-update.blogspot.com
             dan beberapa sumber lain
             dasn sedikit tambahan dari TS







                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

3 komentar:

  1. Wahdan Wildany Al-Bantany11 Januari 2013 pukul 06.22

    preetpeet...sekarang aja sombong bner sama ana......ckckckck

    BalasHapus

Insan TV